30.1.08

Mencari Bacaan

Suasana abis UAS gini, memang enaknya untuk baca-baca entah buku-buku ringan, majalah dll. Berhubung belum sempat hunting bahan2 bacaan baru ke Palasari dan Cikapundung, jadi bacaan apa saja yang nganggur di kos saya baca g peduli apakah tabloid edisi jadul atau baru pokoknya dilahap aja. Nah kebetulan, kemaren pas lagi nguras kamar mandi kosan saya nemu satu novel yg ketinggalan di deket kloset, saya simpan aja n setelah selesai beres2 nguras saya baca novel itu. Yang selalu saya lihat dari sebuah buku adalah gambaran ttg penulisnya..Hmm penulis katanya lulusan sastra inggris (lupa) sebuah universitas yg tak saya kenal (he3 sorry) dan novel yg saya pegang itu adalah satu dr triloginya dengan judul yg hampir sama di awal kalimat yakni "Biar xxx". Begitu baca halaman satu sampai dua saya sudah bisa nebak jalan ceritanya, jadi saya langsung skip ke bbrp bagian selanjutnya. Begitu masuk ke bagian 3 saya sudah menemukan keganjilan di buku ini..(feelingnya sih bukunya g mutu). Keganjilan itu sampai membuat saya membolak-balik lagi halaman sebelumnya takutnya saya yang salah baca. Tapi setelah diteliti lagi saya g salah kok..Ha2 ternyata si penulis kurang jeli (lebih tepatnya sih menurut saya kurang pengetahuan), masa ceritanya salah seorang tokohnya menunda keberangkatan ke Padang gara2 ketinggalan paspor??? (apa relevansinya paspor dan perjalanan domestik??Penulis blm pernah melakukan perjalanan ya??tapi masa g tau sama sekali kegunaan paspor??) Halah begitu melihat keganjilan ini menuntaskan membacanya cuman untuk melihat keanehan apa lagi yg disajikan..:D Akhirnya buku itu saya balikin ke suspect yg punya dan qta sempat bahas novel itu dan kesimpulan qta sama, novel itu g mutu, editornya g mutu dll. Agak sadis sih tapi emang kenyataannya gitu:p
Novel "Biar xxx" tadi ternyata cuman membawa pelajaran "jangan menuliskan/mempublikasikan sesuatu yang kebenarannya belum kita ketahui :)". Setelah hunting2 bacaan ke kamar2 anak kosan alhamdulillah akhirnya dapat bacaan yang jauh2 lebih bermutu dan banyak mengandung pelajaran. Bukunya Pak Quraish Shihab tentang perempuan..Isinya tentang serba-serbi perempuan, pelurusan bias-bias lama dan baru ttg perempuan, pandangan ttg perempuan dengan agama-pernikahan-keluarga dll.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home